Cara Budidaya Ayam Petelur

Bagaimana Cara Mencangkok Pepaya Yang Baik? Ikuti Tips Dibawah Ini

Bagaimana Cara Mencangkok Pepaya Yang Baik? Ikuti Tips Dibawah Ini - Hallo sahabat Tips Merawat Tanaman Ok, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bagaimana Cara Mencangkok Pepaya Yang Baik? Ikuti Tips Dibawah Ini, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Cara, Artikel Mencangkok, Artikel Pepaya, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bagaimana Cara Mencangkok Pepaya Yang Baik? Ikuti Tips Dibawah Ini
link : Bagaimana Cara Mencangkok Pepaya Yang Baik? Ikuti Tips Dibawah Ini

Baca juga


Bagaimana Cara Mencangkok Pepaya Yang Baik? Ikuti Tips Dibawah Ini

Bagaimana Cara Mencangkok Pepaya Yang Baik? Ikuti Tips Dibawah Ini

Bagaimana Cara Mencangkok Pepaya Yang Baik? Ikuti Tips Dibawah Ini - Pepaya merupakan buah buahan yang banyak digemari oleh banyak kalangan mulai dari anak anak sampai orang dewasa. Karena popularitasnya yang tinggi membuat banyak orang membudidayakan pepaya mulai dari alasan ingin dikonsumsi sendiri atau untuk dijual. Banyaknya peminat buah pepaya membuat pelaku budidaya selalu ingin menghasilkan buah yang berkualitas. Untuk menghasilkan buah yang berkualitas tinggi dibutuhkan bibit yang berkualitas pula. Pembibitan melalui biji merupakan metode yang paling popular, tetapi ada alternatif lain yang dapat dilakukan untuk menghasilkan bibit yang berkualitas yaitu dengan metode cangkok. Metode cangkok memiliki banyak keunggulan antara lain buah yang didapat akan sama persis dengan induknya. Selain itu metode ini juga sangat mudah dilakukan.

1. Alat untuk mencangkok pepaya
Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan cangkok yaitu pisau tajam, tali raffia, bilah bambu dengan ukuran lebar 1 cm dengan ketebalan 3-5 mm dan panjang disesuaikan dengan diameter batang pepaya yang akan dicangkok, pembungkus (pembungkus dapat menggunakan pastik bekas atau juga dapat menggunakan sabut kelapa atau bahan yang lainnya), dan pupuk bokashi dicampur dengan tanah. Pupuk bokasi merupakan pupuk organic yang dibuat menggunakan mikroorganisme decomposer EM4. Pemberian pupuk ini diharapkan mempercepat pertumbuhan akar.

2. Cara cangkok pepaya
Cara melakukan pencangkokan dimulai dengan menyayat batang pepaya dengan sudut kemiringan 45 derajat dengan kedalaman setengah batang. Lokasi penyayatan usahakan tidak perlalu dekat dengan ujung pohon atau terlalu jauh karena juga kurang baik. Setelah batang disayat ambil bilal bambu yang telah disiapkan. Letakkan bilah bambu melintang di batang pepaya yang telah disayat. Bilah bambu berfungsi sebagai penahan agar patang pepaya yang disayat tidak kembali menutup. Pastikan bilah bambu yang digunakan panjangnya pas tidak terlalu pendek atau terlalu panjang. Bila terlalu pendek bilah bambu bisa masuk kedalam batang dan sayatan akan menutup kembali karena didalam batang pepaya terdapat rongga dan apabila terlalu panjang nantinya akan mengganggu proses pembungkusan.

3. Bungkus hasil cangkokan
Pasang pembungkus dari plastik tepat dibawah batang yang telah disayat. Cara mengikat hadapkan pastik kebawah lalu ikat kencang dengan tali raffia setelah itu angkat pastik menghadap keatas sehingga membentuk wadah yang nantinya digunakan untuk menampung tanah. Masukkan tanah yang telah dicampur dengan pupuk bokashi kedalam pastik, pastikan tanah menutup sempurna pada batang yang telah disayat. Ikat ujung plastik dengan kencang menggunakan tali raffia agar tanah tidak bergeser atau turun.

4. Perawatan
Setelah cangkokan jadi siram dengan air 1 minggu sekali agar tanah tidak kering sehingga akar lebih cepat terangsang tumbuh. Akar akan banyak tumbuh kira kira usia cangkokan mencapai 3-4 minggu. Buka plastik pembungkus dan priksa apakah akar sudah banyak yang tumbuh. Apabila jumlah akar masih sedikit ikat kembali dan tunggu beberapa waktu hingga akar sudah banyak yang tumbuh. Bila akar sudah banyak yang tumbuh ikat kembali kembali plastik pembunggus, hal ini dilakukan agar pada saat batang dipotong akar tidak putus. 

5. Pemotongan hasil cangkok
Langkah selanjutnya potong bagian batang sekitar 10 cm dibawah cangkokan, potong menggunakan parang atau pisau yang tajam. Hal ini penting dilakaukan untuk menghindari rusaknya akar akibat guncangan saat pemotongan. Batang bagian bawah bekas cangkokan tutup menggunakan plastik agar tidak busuk. Setelah beberapa hari akan tumbuh tunas tunas baru pada batang.

6. Lahan untuk menanam hasil cangkok 
Siapkan lahan untuk Penanaman pepaya hasil pencangkokan. Buat lubang pada tanah dengan kedalaman kurang lebih 25 cm dengan luas sesuaikan dengan cangkokoan. Masukkan dan jangan lupa timbun kembali. Sirang menggunakan air yang cukup tanaman cepat tumbuh. Untuk mendapatkan hasil yang baik gunakan pupuk organik karana selain memiliki rasa buah yang lebih enah penggunaan pupuk organik bisa menghasilkan buah yang lebih sehat. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.



Demikianlah Artikel Bagaimana Cara Mencangkok Pepaya Yang Baik? Ikuti Tips Dibawah Ini

Sekianlah artikel Bagaimana Cara Mencangkok Pepaya Yang Baik? Ikuti Tips Dibawah Ini kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Bagaimana Cara Mencangkok Pepaya Yang Baik? Ikuti Tips Dibawah Ini dengan alamat link https://tipsmerawattanamanok.blogspot.com/2016/11/bagaimana-cara-mencangkok-pepaya-yang.html