Cara Budidaya Ayam Petelur

Cara Ampuh Mengatasi Hama Wereng

Cara Ampuh Mengatasi Hama Wereng - Hallo sahabat Tips Merawat Tanaman Ok, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Ampuh Mengatasi Hama Wereng, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Alami, Artikel Hama, Artikel Obat, Artikel Wereng, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Ampuh Mengatasi Hama Wereng
link : Cara Ampuh Mengatasi Hama Wereng

Baca juga


Cara Ampuh Mengatasi Hama Wereng


Hama Wereng adalah jenis serangga yang besarnya hanya sekitar butiran beras yang merupakan hama pada tanaman padi. Hewan ini mempunyai daya penyebaran yang sangat cepat dan ganas sebagai hama tanaman padi yang sangat sulit untuk diberantas karena bertengger pada panggal daun padi. Wereng merupakan serangga penghisap tumbuhan dari anggota Ordo Hemiptera (Kepik Sejati), Subordo Fulgoromorpha, khusunya yang berukuran kecil. Hewan ini juga bisa menjadi vektor begi penyebaran virus yang menjadi penyakit pada tumbuhan penting.

Berikut ini adalah jenis-jenis dari 
  • Wereng merah: Wereng Coklat (nama ilmiah: Nephotettix spp) serangga kecil yang mempunyai wana cokelat sebagai penyerang dan memusnahkan buah padi yang baru mulai muncul, berkembang biak dan penyebarannya sangat cepat, daur hidupnya pendek, serta mempunyai daya serang yang sangat ganas.
  •  Wereng Hijau (nama ilmiah: Nilaparvata Lugens) serangga ini besarnya sekitar sebesar beras, biasanya penetasannya pada pelepah daun padi dan jangka waktu penetasannya 6 hari, menyerang daun untuk mengambil cairan daun sehingga daun menjadi kering.
  • Wereng Punggung Putih (nama ilmiah: Sogtella Furcifera), tubuh serangga ini tubuhnya lebih kecil dari butiran padi, sebagai penghisap batang padi, jagung, dan rumput-rumputan sehingga tumbuhan tersebut akan kering.

Berikut ini cara mengatasi hama wereng pada tanaman padi secara alami:



Meskipun sudah banyak obat kimia yang sudah digunakan dan hasilnya pun cukup bisa melumpuhkan penyebaran hama wereng namun tentu saja itu bisa ada efek samping bagi manusia yang mengkonsumsi padi tersebut, meskipun pada kadar yang sangat rendah. Berbagai obat-obatan pemusnah/pembunuh hama untuk serangga semacam ini sudah banyak dijual di toko-toko pertanian.
Namun demikian kali ini kami ingin membagi pengalaman tentang cara membunuh hama wereng serta guna untuk menghambat penyebarannya dengan bahan alami sehingga orang yang mengkonsumsi padinya pun aman dan juga hewan ternak yang memakan daun dan pohon padinya pun tidak ikut terkontaminasi zat adiktif. Selain itu manfaat/kegunaan yang lainnya juga biayanya pubn jadi lebih murah karena bahan ini mudah didapat.

Mungkin penasaran apa bahan alaminya? Bahan alaminya adalah Nira dan air yang dicampur. Nira atau sajeng adalah air dari bunga kelapa yang rasanya manis sebagai bahan dasar gula kelapa/merah.
Cara menggunkannya adalah oploslah kedua bahan itu 1:2. Misalnya 1 Liter Nira + 2 Liter air kemudian di aduk hingga merata pada tanaman padi yang belum atau mulai terkena wereng. Cara kerjanya secara logika wereng akan menempel dan kaku karena zat gula yang lengket pada nira tersebut.
Demikianlah bagi-bagi pengalaman dari kami, semoga  tanaman padi kita aman dari hama wereng dan hasil panen kita pun melimpah.


Demikianlah Artikel Cara Ampuh Mengatasi Hama Wereng

Sekianlah artikel Cara Ampuh Mengatasi Hama Wereng kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Ampuh Mengatasi Hama Wereng dengan alamat link http://tipsmerawattanamanok.blogspot.com/2016/10/cara-ampuh-mengatasi-hama-wereng.html